Ebola Virus

1

Ebola adalah merupakan sebuah virus yang diambil dari nama sebuah sungai dimana virus ini pertama kali ditemukan di Kongo. Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus dan juga familia dari Filoviridae. Dan Ebola juga merupakan sejenis penyakit yang berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, sakit tenggorokan dengan gejala diare, muntah dan sakit perut. Beberapa gejala yang lain adalah timbulnya ruam, mata merah dan pendarahan internal dan eksternal.

Ebola pertama kali ditemukan di Afrika pada tahun 1976. Dan hampir 80-100% pengidapnya meninggal dunia, tercatat dalam 1 tahun saja sudah ada 1,200 orang meninggal dari 1,850 kasus menurut Badan Kesehatan Dunia WHO.

2 3

Sampai artikel ini dibuat mungkin belum ada obat yang bisa mencegah penularan penyakit dan virus ini. Selama ini cuma dilakukan terapi-terapi dan perawatan intensif terhadap pasien hanya berguna agar tidak terjadi infeksi ke bagian tubuh yang lain, sedangkan untuk penyebarannya tetap belum ada obat ataupun terapi yang bisa mencegah penularan penyakit ini.

Virus maupun penyakit ini bisa menular melalui cairan darah, air liur dan lendir. Dan penyakit ini ditularkan oleh hewan-hewan hutan seperti : simpanse, monyet hutan, gorilla dan antelope hutan. Dan codot atau kelelawar juga sebagai penyebar penyakit ini, tapi binatang ini digadang lebih tahan terhadap dampak dari penyakit ini dan mereka secara tidak langsung menjadi penyebar utama karena pergerakannya yang fleksibel. Ebola sudah menjangkiti beberapa negara di Afrika seperti : Uganda, Pantai Gading, Sudan, Gabon dan Demokratik Kongo.

Di Indonesia pernah dijumpai kasus ada codot atau kelelawar hutan yang makan buah-buahan seperti : jambu, sawo, rambutan di wilayah papua dan sisa buah-buahan tersebut dimakan oleh orang utan dan diteliti juga dijumpai serum darah yang sudah terinfeksi oleh virus tersebut, namun memang belum menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan.

Dan dengan demikian Indonesia pun bisa terkena wabah dari penyakit ini juga, jadi kita harus lebih waspada terutama orang-orang yang beraktifitas di dalam hutan. Dan semoga segera dapat ditemukan oabatnya. Keep smart (“,)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close