Kenapa Memilih dan Memprioritaskan Fakultas Hukum ?

fakultas-hukum

1.  Kenapa memilih fakultas hukum untuk kuliah ?

Fakultas hukum selama ini menjadi fakultas favorit di semua universitas baik swasta maupun negeri, dibutuhkan di segala bidang pekerjaan, semua orang akan merasakan seberapa pentingnya masuk hukum ketika mereka sudah bekerja di instansi perkantoran jika ingin jenjang karir meningkat, terutama seperti HRD atau maupun profesi lainnya.

2.  Kata siapa lulusan jadi sarjana hukum cuma jadi hakim, pengacara dan jaksa ?

Lapangan perkerjaan sarjana hukum tuh luas banget, selain yang disebutkan diatas kita bisa jadi notaris, legal officer, konsultan hukum, in house lawyer perusahaan, pejabat negara (diplomat dan konsuler, pajak, keuangan, imigrasi, dsb), pejabat pemerintahan (Pemprof dan Pemda), dosen, jurusita, mediator, consultaner dan masih banyak lagi. Kita liat lapangan pekerjaan mana yang tidak terkena masalah hukum..???, buruh sekalipun perlu hukum. Jangankan begitu, hidup bertetangga pun ada aturannya. Selain itu sebagai lulusan hukum kita masih bisa melamar di bank sebagai ODP, PPS, MT atau diperusahaan swasta sebagai HRD dan marketing. Sebagai lulusan hukum apalagi dari PTN, pasti dipertimbangkan.

3.  Kata siapa kalo jadi sarjana hukum banyak pengangguran ?

Sekarang tuh bisa di bilang hampir semua lulusan sarjana belum pasti bisa dapet kerjaan. Tapi karena lulusan Hukum lebih pekerjaan Jasa… Kalo memang pintar, mampu dan mempunyai link bisa buka lapangan kerja sendiri seperti konsultan hukum. Selain itu mungkin kalo mau berbisnis lulusan hukum lebih mengerti mengenai birokrasi.

Dalam Sarjana Hukum walaupn kita memiliki gelar “SH”, tetapi pada saat kuliah dibagi pada konsentrasi tertentu, apa aja yang dipelajarin?. Di Fakultas Hukum tidak ada yang namanya jurusannya (seperti ekonomi ada jurusan akuntansi, manajemen) di FH disebut Program Kekhususan (PK), diantaranya:

  • Hukum Pidana
  • Hukum Perdata
  • Hukum Lingkungan dan Tata Ruang
  • Hukum Ekonomi
  • Hukum Internasional
  • Hukum Administrasi Negara
  • Hukum Tata Negara
  • dan lain-lainnya

Masuk Fakultas Hukum bukan sebatas hafalan saja. kemampuan berpikir secara logis (menggunakan logika), kemampuan analisis yang baik, dan kemampuan bahasa yang dipelajari disini. Jadi tetap walaupun kita ambil suatu PK, kita harus mempunyai dasar berfikir dulu mengenai hukum secara umum. karena tetap lulusan fakultas hukum mempunyai gelar Sarjana Hukum tanpa title PKnya.

Jadi kalo masuk FH kalo bisa ikut aktif juga diberbagai organisasi dan kegiatan kampus seperti BEM dan lain-lain karena itu benar melatih kemampuan soft skill dan sangat mendukung akademis sebagai Sarjana Hukum. Yang pasti Bahasa Inggris diperlukan apalagi yang mau jadi Lawyering atau In House Lawyer. Segala kegiatan tambahan ini akan bergunan dalam membentu pola pikir kita dan yang pasti bergunan pada saat mencari kerja.

19 Responses to Kenapa Memilih dan Memprioritaskan Fakultas Hukum ?

  1. Kurniawan Eko Utomo says:

    Fakultas Hukum Is The Beast.

  2. Ridzuan says:

    Semangat FH!!

  3. […] jenis organisasi secara komprehensif dan kemampuan mengambil keputusan stratejik. Kompetensi dasar Sarjana Administrasi Negara adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik […]

  4. oky anggara says:

    Anak Hukum itu Gokiill brray

  5. Safrizal says:

    Hukum is the best

  6. Matius Panoto says:

    Hukum is the best, for the best future… 🙂

  7. adi priyanto says:

    Good

  8. adi priyanto says:

    Tegakkan hukum setinggi tinggi y.. Berantas habi korupsi

  9. arif says:

    Saya pngin bnget masuk kuliah ilmu hukum tpi syang kendalanya biaya

  10. […] Kenapa Memilih dan Memprioritaskan Fakultas Hukum ? […]

  11. Mira says:

    Apakah lulusan smk dengan jurusan tkj bisa masuk hukum ? Sebenar nya aku suka hukum,jadi pengen masuk hukum…
    Mohon bantuan

  12. A.sardillah A.dillah says:

    Karna sekarang banyak yang tidak meminati skola d FH,,tapi menurut saya sangat penting memiliki pengetahuan tentang hukum,,baik itu untuk kepentingan perorangan maupun dalam masyarakat.

  13. indah putri ekomaryah says:

    saya dari smp sampai sekarang sma kelas 2 sangat tertarik dan ingin mempelajari ilmu hukum secara dalam.alasan saya menyukai ilmu hukum karena hukum itu mata kuliah yang menurut saya membuat otak berfikir secara logis dan membuat kita kritis terhadap masalah mengenai hukum.Apalagi di indonesia penting sekali adanya masyarakat yang sadar hukum agar tidak ada kebutaan hukum

  14. andi roheni says:

    saya pengen banget kuliah FH

    • admin says:

      Ayo kuliah di FH di Universitas Azzahra.Silakan menghubungi pihak kami untuk mengetahui mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru, informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui telepon ke nomor 021 2800 647 atau kirim email ke pmbazzahra2015@gmail.com

  15. bgs says:

    salam sejahtera from FH UMM

  16. Vinanda says:

    Hukum itu beda dari yang lain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close