Konsep Internet Marketing

Internet-Marketing-2

Konsep Internet Marketing ini dibuat untuk pemahaman lebih jauh bagi Universitas atau Sekolah Tinggi swasta mengenai promosi dan pemasaran produk secara online melalui media internet atau yang biasa disebut sebagai internet marketing (Online Marketing) dalam rangka menarik sebanyak-banyaknya target pasar yaitu calon mahasiswa.

Kian besarnya pertumbuhan pasar di internet menuntut perusahaan atau lembaga manapun untuk tidak lagi memandang sebelah mata sebuah media komunikasi massa yang satu ini. Internet yang telah menyebabkan pergeseran paradigma marketing dari mass marketing ke targeted marketing dan dari customer satisfaction ke customer relationship, jadi sudah sepatutnya Internet Marketing menjadi salah satu acuan pengembangan strategi marketing  dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produk jika tidak ingin mati dan tergilas pasar global.

Sebagai Ide dan Gagasan yang belum terjamah banyak orang, strategi Internet Marketing ini memiliki potensi yang sangat besar dan luar biasa untuk perusahaan dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produknya. Berbekal Kompetensi dan pengalaman, kami berharap dan sangat yakin strategi Internet Marketing ini akan membawa manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan.

Akhir kata, inovasi dan kreativitas yang kami kembangkan siap membawa perusahaan yang menjadi klien kami menghadapi kompetisi pasar yang hanya berjarak satu klik saja. Amin…

Apa itu Internet Marketing ?

Internet adalah kependekan dari Interconnection Networking, ialah seluruh jaringan computer di seluruh dunia dengan standar IP Address pada setiap computer.

Sedangkan Marketing Menurut Phillip Kothler “Bapak Pemasaran Modern” adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya terdapat individu maupun kelompok demi mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Internet Marketing adalah strategi pemasaran produk atau jasa yang dipasarkan melalui media internet. Seiring dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (Information Technology) yang tidak dapat dapat dipungkiri lagi saat ini telah menjadi bagian yang sangat penting dalam semua aspek kehidupan.

Salah satu sub bagian dari teknologi informasi yang cukup populer sekarang ini adalah jaringan komputer World Wide Web (WWW) atau lazim disebut internet. Sejalan dengan kemajuan teknologi jaringan dan perkembangan internet, hal ini seharusnya perusahaan menerapkan metode marketing pada media teknologi internet ini. Mengingat teknologi internet bukan lagi menjadi hal baru di Indonesia dan sudah menjadi media yang utama untuk mendapatkan informasi tentang berbagai hal, maka sudah waktunya bagi sebuah perusahaan  untuk mulai merambah ke dalam dunia internet dalam rangka mensosialisasikan produk-produknya.

Dapat kita lihat memang 80% lembaga-lembaga atau perusahaan-perusahaan membuat website sebagai display company profile lembaga atau perusahaan mereka. Sayangnya, kebanyakan website tersebut hanya dijadikan pajangan atau sekedar wadah pengeksistensian lembaga atau perusahaan mereka di dunia maya. Mereka tidak mengoptimalkan potensi marketing yang sangat luar biasa yang ada di media internet. Sangat disayangkan apabila pesatnya perkembangan teknologi informasi ini beserta kemudahan yang ditawarkan tidak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mensosialisasikan sekaligus memasarkan produknya.

Melalui strategi Internet Marketing, kita bisa mempromosikan dan memasarkan suatu produk ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia dengan 1 klik saja.

Kenapa harus Internet Marketing ?

1.          Biaya Rendah Dengan Hasil Yang Luar Biasa

Dengan melalui media internet kita bisa melakukan strategi Marketing dengan biaya yang sangat rendah dibandingkan dengan kebutuhan biaya yang harus dikeluarkan bila kita melakukan strategi Marketing melalui Offline.

Contoh bila kita melakukan strategi Marketing dengan menyebar brosur, pertanyaannya adalah :

  • Berapa banyak brosur yang akan kita cetak untuk disebarkan ?

  • Berapa jumlah biaya cetak yang harus dikeluarkan ?

  • Berapa banyak SDM yang dibutuhkan untuk menyebar brosur ?

  • Berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar SDM ?

  • Berapa jumlah biaya untuk operasional ?

  • Membutuhkan waktu berapa lama untuk menyebarkan brosur ?

Sekarang kita bandingkan dengan penyebaran brosur melalui media internet :

  • Kita hanya membutuhkan 1 design brosur dan itu untuk selamanya.

  • Kita tidak mengeluarkan sama sekali ongkos cetak.

  • Kita tidak membutuhkan sama sekali SDM untuk menyebarkan brosur.

  • Kita sama sekali tidak membayar SDM yang menyebarkan brosur, karena kita memang tidak membutuhkan SDM untuk menyebarkan brosur.

  • Kita hanya membutuhkan biaya untuk membayar paket internet perbulan.

  • Kita hanya membutuhkan kurang dari 5 menit untuk menyebarkan brosur ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia.

2.          Tidak Terbatas Waktu

Dengan sistem yang sudah ada, kita tidak perlu memperkenalkan produk hanya terbatas pada siang hari, contoh : bila kita mau sebar brosur atau mengadakan presentasi penjualan sebuah produk pasti biasa dilakukan pada pagi atau siang hari. Tapi dengan internet kita bisa melakukan hal itu 24 jam nonstop, karena melalui internet kita tidak terbatas oleh waktu. Jadi kapan pun customer membutuhkan pelayanan informasi, kita bisa melayaninya setiap saat.

3.          Tidak Terbatas Ruang

Dengan melalui internet kita tidak hanya mempromosikan atau memasarkan produk kita ke satu wilayah saja, melainkan ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia hanya dengan sekali klik saja. Bayangkan bila kita harus menyebarkan flyer dan brosur ke seluruh Indonesia, pasti kita akan membutuhkan alat transportasi, biaya, waktu, karena kita terbatas ruang.

Tetapi melalui media internet, kita bisa menyebarkan brosur ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia tanpa membutuhkan alat transportasi, waktu dan biaya. Karena internet tidak terbatas dengan ruang.

4.          Dalam Genggaman

Internet sekarang sudah bukan sesuatu yang tabu, bahkan pada saat ini internet sudah menjadi satu kebutuhan manusia untuk mendukung kehidupannya dalam aspek informasi dan komunikasi, terbukti dengan fakta yang ada di lapangan hampir semua telepon genggam atau Handphone bisa mengakses internet, pihak provider pun sudah memberikan paket-paket internet mulai dari yang murah hingga yang komplit, agar customer bisa menikmati semua informasi yang aktual hanya lewat telepon genggam, tidak perlu repot cari computer bila ingin mencari sesuatu. Artinya saat ini, semua kebutuhan informasi kini berada dalam setiap genggaman manusia.

Media Internet merupakan teknologi informasi yang paling pesat perkembangannya saat ini, bahkan internet menjadi salah satu pusat informasi di Indonesia. Pengguna internet dari berbagai belahan dunia saat ini dengan mudah dapat mengakses dimana saja dan kapan saja melalui media teknologi tinggi seperti Handphone, Smartphone, Gadget, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini, harga untuk mengakses internet pun sangat murah.

Menurut data dari AC Nielsen yang merupakan sebuah perusahaan yang melakukan penelitian dan suatu riset pada bidang pemasaran dan konsumen, serta melakukan riset terhadap media yang lainnya, seperti riset terhadap bisnis publikasi, trade show dan riset terhadap dunia. Dari penelitian dan riset tersebut ditemukan fakta bahwa Indonesia merupakan negara peringkat pertama di Asia Tenggara yang penduduknya mengakses media internet melalui Handphone yaitu mencapai 24.195.080 orang.

Dan menurut data dan fakta APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang merupakan asosiasi yang mengatur tarif jasa internet di Indonesia , pengguna media internet di Indonesia pada tahun 2013 ini mencapai 82 juta orang perhari, bahkan diproyeksikan pada tahun 2015 pengguna internet di Indonesia mencapai 139 juta orang perhari, dan itu pasti akan meningkat terus dari tahun ke tahun berikutnya mengingat media internet merupakan pusat informasi saat ini.

Dari data dan fakta diatas, artinya jika sebuah perusahaan tidak memanfaatkan media internet sebagai media marketing, maka perusahaan harus siap kehilangan perhatian 82 juta konsumen bahkan 139 juta konsumen perhari dalam pemasaran produk, minimal dalam proses Branding. Bayangkan perbandingan waktu, biaya, dan juga sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk memperkenalkan atau memasarkan suatu produk antara melalui media brosur atau spanduk dengan media internet.

Sekarang ini, media internet bukan lagi hanya sebatas media untuk pengeksistensian diri bagi perorangan, perusahaan ataupun lembaga pendidikan, namun lebih sebagai media kegiatan marketing. Komunikasi yang bersifat multiarah di dalam media Internet, seharusnya bisa lebih difokuskan dan dimanfaatkan agar kegiatan marketing sebuah perusahaan lebih efektif dan efisien dalam memasarkan produk.

Untuk itu kami mengajak perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan potensi internet marketing yang sangat luar biasa ini menuju perusahaan yang lebih baik lagi dalam aktivitas persaingan pasar global.

5.    Opini Publik

Dengan Internet sebuah produk cukup disajikan dalam bentuk teks, visual, audio dan video, maka dari itu kita bisa menampilkan cerita-cerita, gambar maupun video hebat untuk membangun Opini Publik agar punya pencitraan yang baik bagi customer namun kita harus jujur dalam hal ini, tidak boleh menambahkan apa yang kita tidak punya, agar kita mendapat kepercayaan dari customer.

6.    Branding Image

Semakin dinamis sebuah internet (websites) semakin update cerita yang mau di bagi ke customer, maka secara tidak langsung kita memberikan hipnotis kepada mereka (customer) agar selalu menyebut nama atau merk produk kita, sehingga produk kita bisa menempel di pikiran mereka dan mengubah keputusan mereka untuk memilih, contoh : kenapa bila kita mau membeli air mineral di sebuah toko kita selalu menyebut AQUA?, Itu karena sudah ter-Branding di pikiran kita, dengan internet kita juga bisa seperti itu, setiap hari, jam, menit bahkan detik kita masukkan secara perlahan kedalam pikiran mereka.

Bagaimana cara menjalankan Internet Marketing ?

Website merupakan salah satu media yang sangat cocok sebagai media untuk memperkenalkan atau mempromosikan serta memasarkan produk kepada masyarakat luas melalui media online. Didalam sebuah website, sebuah perusahaan dapat menyajikankan informasi secara detail mengenai profil perusahaan maupun produknya.

Bila dalam pemasaran suatu produk kita melakukan iklan di media cetak seperti koran/majalah, brosur, papan reklame, spanduk, dan lain sebagainya pasti dibatasi karena tempat atau space yang disediakan terbatas dan pastinya sangat tidak mudah untuk di ubah atau di edit informasinya, sangat berbanding terbalik dengan apa yang kita lakukan dalam memasarkan produk di dalam website. Untuk itu, Website merupakan media yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk mempromosikan serta memasarkan produk.

1.       Infrastruktur

Untuk mendukung Internet Marketing, perlu adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer (PC), akses internet, server yang aman dari kegiatan hacker serta didukung oleh admin-admin yang berpengalaman, dan lain sebagainya.

2.       Optimalisasi

Internet Marketing tanpa optimalisasi bagai sayur tanpa garam, karena tidak akan menuai hasil sesuai harapan, karena kita tidak total dalam melakukan semua aspek yang bisa menjadi nilai prestasi dalam Internet Marketing, optimalisasi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. SEO (Search Engine Optimazation)

SEO adalah salah satu teknik agar Mesin Pencari (Search Engine) seperti Google, Yahoo, dan lain-lain dapat mendeteksi atau menemukan Website yang kita buat, karena rata-rata pengguna internet tidak semuanya langsung menuju ke sebuah alamat website, tetapi melalui Mesin Pencari dengan metode pengetikan keyword atau kata kunci. Rata-rata pengguna internet selalu mengetik kata atau kalimat yang mereka cari di dalam Search Engine.

Sebagai contoh :

Karyawan perusahaan yang ingin kuliah untuk mendukung karirnya mencari Universitas yang cocok untuknya. Dia hanya menuliskan “Kuliah Kelas Karyawan” ke dalam Search Engine, lalu akan muncul beberapa alamat Website Universitas yang menyelenggarakan “Kuliah Kelas Karyawan”. Teknik SEO inilah yang dapat memunculkan alamat Website sebuah universitas di dalam daftar Search Engine atau Mesin Pencari.

Dan dibawah ini adalah gambar dari hasil penelusuran Google (Search Engine) yang merupakan Mesin Pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia untuk Kuliah Kelas Karyawan Universitas Azzahra dengan kata kunci (keyword) “kuliah kelas karyawan”.

Dari gambar Mesin Pencari Google diatas, kita melihat alamat Website Kuliah Kelas Karyawan Universitas Azzahra dengan kata kunci “kuliah kelas karyawan” berada pada halaman kedua dan berada di posisi ke-empat. Strategi SEO inilah yang merupakan salah satu teknik yang bertujuan agar sebuah alamat website berada di halaman pertama Mesin Pencari dan berada di posisi teratas. Karena banyak sekali pengguna internet yang malas untuk melihat posisi terbawah apalagi sampai halaman kedua dan seterusnya pada halaman Mesin Pencari , rata-rata mereka selalu melihat alamat website 5 teratas dan pada halaman pertama saja.

  1. Blog Network

Blog Network adalah salah satu strategi untuk mendukung serta mengoptimalkan website utama dengan cara membuat beberapa blog yang saling berhubungan atau berkaitan, tujuan utamanya adalah pengalihan dari blog network ke website utama yang akan menghasilkan backlink dan ini sangat berperan penting dalam mendukung website utama (primary web) dalam pendeteksian website di Mesin Pencari (Search Engine).

  1. PPC (Pay per Click)

PPC adalah metode periklanan di media internet melalui website yang berarti pemilik website akan dibayar atas setiap klik pengunjung pada link iklan yang terpasang di website miliknya. Contohnya adalah layanan PPC Facebook Ads dan Google Ads.

Artinya, jika kita memasang link alamat website sebuah perusahaan di dalam kolom iklan Facebook atau Google, maka kita wajib membayar kepada Facebook atau Google sejumlah biaya berdasarkan perhitungan jumlah klik pengunjung pada link alamat website perusahaan tersebut sesuai dengan biaya yang sudah ditentukan oleh pihak Facebook maupun pihak Google.

  1. Facebook Ads

Indonesia merupakan negara peringkat kedua setelah India yang pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan total pengguna pada tahun 2012 sebesar 50.876.000 orang. Artinya, sebanyak 50.876.000 orang akan melihat iklan suatu perusahaan atau lembaga di Facebook.

Facebook Ads

  1. Google Ads

Sebanyak 82 juta pengguna internet di Indonesia itu sudah pasti menggunakan Mesin Pencari untuk mencari informasi yang mereka cari, dan rata-rata mereka menggunakan Mesin Pencari Google. Artinya, jika kita memasang iklan di Google maka hampir 82 juta orang melihat iklan kita setiap hari.

Jadi perusahaan atau lembaga yang ingin mempromosikan atau memasarkan produknya dapat memanfaatkan layanan Google Ads dan Facebook Ads ini dan secara logika sangat jelas berpotensi.  Apalagi biaya yang dikeluarkan sangat jauh berbeda bila kita memasang iklan di stasiun televisi atau media cetak, jelas melalui Google Ads dan Facebook Ads ini jauh lebih murah.

Google Ads

  1. Social Media

Social Media adalah sebuah media online yang para penggunanya dengan mudah dapat menjalin hubungan, saling berpartisipasi dan saling berbagi. website Social Media yang saat ini paling banyak di gunakan oleh pengguna internet di Indonesia adalah Facebook dan Twitter. Fakta yang ada, sebanyak 50.876.000 penduduk Indonesia yang menggunakan Facebook, sedangkan pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19.500.000 orang.

Pengguna Facebook di Indonesia Tahun 2012

Pengguna Twitter di Indonesia

Dari fakta yang kita dapat dari data statistik diatas, sungguh sangat disayangkan apabila sebuah perusahaan atau lembaga tidak memanfaatkan Social Media ini sebagai media Marketing, paling tidak Social Media ini sangat berpotensi dan memberi dampak yang sangat luar biasa dalam rangka membantu strategi Branding suatu perusahaan maupun lembaga.

  1. Email (Electronik Mail)

Email  adalah sarana kirim mengirim surat melalui media internet, selain itu email menjadi salah satu sarana komunikasi yang utama saat ini melalui internet. Hampir dipastikan seluruh pengguna internet mempunyai paling sedikit 2 email, karena saat ini banyak sekali web forum atau web social yang mengharuskan pengunjungnya yang mendaftar menjadi member harus mempunyai email sebagai salah satu persyaratan agar dapat bergabung.

Selain alasan diatas, pada zaman sekarang ini juga bisa dikatakan email menjadi satu kebutuhan pokok para pengguna internet, selain sebagai salah satu media komunikasi, email juga juga sudah dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan sebagai sarana pengiriman surat permohonan lamaran kerja menggantikan media kertas yang ditulis lalu dikirimkan melalui jasa pengiriman (berperangko).

Melalui email, kita bisa mengirim surat ke seluruh orang di Indonesia bahkan ke seluruh orang di dunia gratis tanpa dikenakan biaya sedikitpun dan pengirimannya pun hanya kurang dari 1 menit.  Bayangkan perbandingan biaya dan waktu bila kita menggunakan pengiriman surat melalui surat biasa (berperangko).

3.       Teknis

Perubahan Teknis dilakukan agar apa yang kita informasikan kepada customer benar adanya, tanpa ada penipuan atau yang dilebih-lebihkan, jadi dalam menjual sebuah prosuk harus jujur, karena kepercayaan customer lah yang menjadikan sebuah produk itu besar. Bila kita sudah pegang kepercayaan customer kita tidak perlu repot-repot untuk memasarkan produk kita, karena mereka (customer) sendiri yang akan memasarkan produk kita kepada teman atau kerabat mereka dan itu yang disebut “World Of Mouth” dalam dunia Marketing, dimana sebuah produk besar lewat cerita dari mulut ke mulut.

PENUTUP

Demikian gambaran secara global Konsep Internet Marketing ini dibuat untuk memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap Internet Marketing,  yang merupakan salah satu metode Marketing yang mempunyai potensi sangat luar biasa dan belum terjamah banyak orang dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produk suatu perusahaan maupun lembaga pendidikan. Dan kami sangat berharap konsep Internet Marketing ini menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan dalam menghadapi pasar yang penuh dengan persaingan, dan tentu saja inovasi kedepannya dapat terus dipergunakan demi tercapainya target achievement yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Konsep ini juga tidak akan berhenti sampai disini, konsep ini akan terus berkembang dan mengalami perubahan-perubahan yang nantinya dirasa perlu demi kemajuan perusahaan, dan kami akan terus melakukan inovasi-inovasi kedepan untuk melengkapi konsep yang sederhana ini dan pastinya untuk lebih siap menghadapi kompetisi pasar global yang semakin ketat.

Dengan ini kami mempersembahkan konsep Internet Marketing ini untuk kemajuan perusahaan yang akan menjadi klien kami, minimal konsep ini bisa bermanfaat kedepannya untuk orang banyak, bukan hanya institusi melainkan semua orang, karena dampaknya memang sangat besar dan luar biasa sedangkan modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, jadi memang konsep ini bisa dengan mudah diaplikasikan semua orang baik personal ataupun institusi. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Team Marketing IT

 

3 Responses to Konsep Internet Marketing

  1. Wadiyo says:

    Dengan perkembangan internet yang sangat cepat,
    media ini bisa men-drive performance perusahaan.
    Apakah perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah memanfaatkan secara baik?

    Terima kasih.

    • admin says:

      Dari statistik di atas bisa dilihat bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik, apalagi pengguna internet di Indonesia terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close