Maqoshid Syariah

ekonomi syariah

Maqoshid Syariah adalah tujuan dari Ilmu Syariah. Ilmu Maqoshid Syariah ini biasanya di bahas dalam ilmu Fiqih Muamalah. Para Ulama Salaf (Ulama Terdahulu), seperti Imam Syatibi dan Imam Al-ghazali sering membahas mengenai Maqoshid Syariah ini.

Imam Syatibi mengatakan bahwa Maqoshid Syariah itu terdiri dari 3 (tiga) tingkatan, yaitu :

1. Daruriyat .

2. Tahsiniyat

3. Hajiyat

Pada tingkat daruriyat adalah tingkat yang paling penting atau bisa dikatakan sudah sampai mengancam kehidupannya. Apabila orang tersebut tidak melakukannya  maka diperbolehkan walaupun dalam kategori perbuatan haram, tapi hanya sebatas menyelamatkan nyawanya saja, contoh ada orang yang tersesat di pedalaman hutan dan dia tidak menjumpai apapun melainkan bangkai babi hutan, maka orang tersebut diperbolehkan menkonsumsi bangkai babi hutan tersebut TAPI dalam batas hanya untuk menyelamatkan nyawanya saja.

Pada Tingkat kedua adalah tahsiniyyat ini adalah tahap yang penting tapi tidak sampai mengancam kehidupan seseorang. Dapat juga dikatakan bahwa ini adalah kebutuhan sekunder.

Pada Tingkat yang ketiga adalah Hajiyat ini adalah tingkat kebutuhan yang tidak begitu penting biasanya berhubungan dengan barang – barang mewah.

Pada tingkatan Daruriyat, Imam Al ghazali membagi 5 hal yang harus dapat di selamatkan, yaitu :

1. Harus dapat menyelamatkan kepentingan Agama.

2. Harus dapat menyelamatkan Jiwa manusia

3. Harus dapat menyelamatkan Akal manusia

4. Harus dapat menyelamatkan Keturunan manusia

5. Harus dapat menyelamatkan Harta manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close