MATA TIDAK BISA MENYIMPULKAN SEBUAH KEBOHONGAN

1

Mata merupakan bagian dari panca indra yang dimiliki hampir semua makhluk hidup, dan dia merupakan indra penglihatan yang sangat penting perannya dalam hidup sebagai makhluk. Khususnya manusia sangat membutuhkan indra yang satu ini.

Mata juga sebagai alat visual yang bisa menterjemahkan segala bentuk objek dan sampai sekarang belum ada yang bisa mengalahkan mata sebagai alat atau mesin untuk melihat atau menghasilkan gambar sebagus mata.

Mata terdiri dari bagian retina, Kornea, Iris, Pupil, Lensa Mata, Bintik Kuning dan Bintik Buta, dan juga dilindungi oleh bulu mata dan kelenjar air mata. Dan mata juga bisa bergerak dengan sangat cepat, saking cepatnya berkedip saja belum ada yang menyamai kecepatan kedipan mata.

Bahkan karena hebatnya kinerja dan fungsi mata bisa sampai mendeteksi kebohongan seseorang. Dahulu di Cina bila seseorang bohong akan di deteksi menggunakan tepung beras, apabila tepung beras yang dimuntahkan kering maka ia berbohong. Tapi sekarang metode tersebut sudah lama ditinggalkan. Dan sekarang sedang dilakukan uji coba kebohongan terhadap mata.

Dahulu pula dikatakan bahwa bila seseorang berbohong akan terlihat dari matanya yang melirik atau menatap kearah mana, beberapa mengatakan kalau berbohong mata akan menatap kearah kiri bawah, yang lainnya lagi berpendapat bila berbohong mata akan menatap kearah kanan atas dan karena asumsi ini simpang siur akhirnya beberapa ahli pun turut mengadakan penelitian yang nantinya akan mencari fakta sesungguhnya dari fungsi dan kelebihan mata.

Dan akhirnya tidak diketemukan adanya sinkronisasi antara kedua hal tersebut, gerak mata tidak bisa mendeteksi kebohongan, gerak mata hanya bisa dimanipulasi oleh orang itu sendiri,dan bisa dimanipulasi semaksimal mungkin, yang ada hanya kecenderungan seperti itu, tapi bukan sebagai fakta yang pasti kalau mata bisa mendeteksi seseorang itu berbohong atau tidak.

Dan biasanya kebiasaan-kebiasaan mata ini berhubungan langsung dengan kepribadian atau psikologi seseorang, karena dalam psikologi dikenal namanya Body Perseption, yang mana gerak tubuh mempengaruhi psikologi seseorang dan bahkan seorang Deddy Corbuzier menggunakan ilmu ini untuk mengatur pikiran seseorang.

Ilmu psikologi hanya dapat dipelajari di universitas, Universitas yang salah satunya punya fakultas psikologi adalah Universitas Azzahra, dan fakultas psikologi disana sudah terakreditasi dengan baik. Dan sudah meluluskan mahasiswa-mahasiswa yang kompeten di bidangnya, karena selain berorientasi kepada mata kuliah secara global Universitas Azzahra juga berorientasi kepada pendalaman ilmu agama, di setiap kegiatan selalu disisipkan kegiatan agama, agar dengan banyaknya ilmu kita juga harus tetap pada tuntunan TUHAN Yang Maha Esa, karena ilmu tanpa agama hanya akan menghasilkan kehancuran, tetapi kalau agama tanpa ilmu juga tidak akan mencapai kesempurnaan, jadi dibutuhkan keselarasan keduanya.

Keep smart (“,)

Sumber : fpsi.universitasazzahra.ac.id

2 1

One Response to MATA TIDAK BISA MENYIMPULKAN SEBUAH KEBOHONGAN

  1. […] mahasiswa di sebuah universitas tidak semata-mata dapat membuat kita menjadi orang yang pandai bersosialisasi, kadang sosialisasi tidak didapatkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close