Panduan Presenter

presenter
  1. Pengertian Presenter

Presenter adalah orang yang bertugas melayani serta menjelaskan Product Knowledge Universitas Azzahra kepada aplikan/calon mahasiswa ketika datang ke kampus.

  1. Syarat menjadi seorang Presenter

  • Menguasai Product Knowledge

  • Berpenampilan menarik

  • Cakap berkomunikasi

  • Caring

  • Menguasai Seven Step Selling yaitu :

  1. Menguasai Product Knowledge

  2. Pintar memilih aplikan

  3. Pendekatan yang baik

  4. Membangun Minat Aplikan, dari yang tadinya tidak minat, menjadi minat.

  5. Good Presentation, presentasikan product dengan baik

  6. Handling The Objection, menanggapi keberatan aplikan dengan baik.

  7. Nice Closing.

  8. Keep Follow Up dan After Sales.

  1. Perlengkapan yang dibutuhkan seorang presenter

  • Presentation kit

Presentation kit adalah sebuah alat yang digunakan untuk menjelaskan produk knowledge kepada aplikan agar lebih mudah diterima pesan yang ingin disampaikan. Berbeda dengan brosur, Presentation kit lebih detail dalam menampilkan Profil kampus, Program Marketing, kliping koran, dokumentasi kegiatan dan lain – lain. Presentation kit ini harus dikemas dalam bentuk dan tampilan yang menarik misalnya seperti aplikasi dengan Gadget tablet.

  • Brosur

  • Formulir pendaftaran

  • Bukti Terima Kas

  • Souvenir

  • Atribut yang akan diberikan kepada aplikan untuk menumbuhkan kesan unik

  1. Standar penampilan seorang presenter

  • Mengenakan kemeja lengan panjang, jas dan dasi bagi laki – laki, mengenakan blazer bagi perempuan

  • Rambut rapih menggunakan minyak rambut / Gel rambut untuk laki-laki.

  • Memakai parfum

  • Mengenakan ID card untuk pengenal

  • Sepatu pantofel selalu mengkilap serta memakai kaos kaki berwarna hitam

  1. Prosedur alur pelayanan aplikan

  • Senyum, Salam,sapa dan Berjabat tangan yang unik dengan senyuman yang antusias

  • Penataan ruangan yang nyaman, rapi, harum dan segar

  • Memberikan minuman

  • Memberikan kesan pertama kali dengan pemberian atribut unik kepada aplikan

  • Melakukan percakapan yang bersifat umum/pribadi untuk menumbuhkan kesan friendly dan tidak kaku

  • Memohon izin untuk menjelaskan atau mempresentasikan produk

  • Menggunakan frasa kata yang sopan dan mudah di mengerti

  • Bertanya kepada aplikan apa ada yang kurang dimengerti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close