Pertumbuhan ekonomi china yang terus melesat

China-Flag

Seperti di laporkan Damian Grammaticas (The BBC’s) di Wuhan,China yang merepresentasikan perubahan tingkat ekonomi, Bahwa Ekonomi china adalah yang terbesar kedua  di dunia menunjukan tanda peningkatan yang signifikan yang mana dapat menolong periode ekonomi terburuk nya dalam 13 tahun silam.

Menurut figur terakhir dari pemerintahan china mengatakan kenaikan sampai 7,9 persen dalam tiga bulan terakhir di tahun 2012, dari quarter terakhir 7,4 persen.

Hal ini di dorong oleh investasi negara dalam proyek – proyek infrastruktur dan upaya untuk mendapatkan konsumen serta perusahaan untuk berinvestasi.

” Sudah jelas bahwa lambat nya pertumbuhn ekonomi di china telah di hentikan untuk saat ini,” ungkap Fraser Howie seorang ekonom dan penulis dari Kapitalis Merah.

” Tapi kita harus berhati-hati bahwa untuk semua pemulihan ini akan terbatas dalam jangkauan nya, tidak sedikit karena dengan berbagai masalah yang di hadapi china,” Dia menambahkan.

” Para pemimpin baru yang mengambil alih pada bulan maret ini, sekarang harus menemukan keseimbangan yang tepat antara mencoba mencegah pembentukan peningkatan properti dan tetap menjaga tingkat pertumbuhan yang sehat

Itu adalah tingkat tahunan terlambat sejak tahun 1999, tapi masih tetap jauh di atas tingkat pertumbuhan anaemic yang di alami sebagian besar oleh ekonomi utama tahun lalu, angka bagi AS sebagai ekonomi terbesar dunia dan jepang di perkirakan akan menunjukan pertumbuhan sekitar 2 persen.

Para 17 anggota Eurozone secara kolektif di harapkan untuk membuat kontrak sekitar 0,4 persen.

Faktor ini yang membawa laju pertumbuhan akhir tahun lalu ke tingkat yang tidak nyaman,dengan beberapa prediksi ekonom mengatakan penurunan tajam.

Namun prediksi pesimis mereka terhadap kemerosotan pertumbuhan sampai 6 persen tampak nya terlalu extrem. Sebalik nya pemerintah menerapkan program pembelanjaan untuk infrastruktur untuk memacu pertumbuhan dan memberikan insentif guna mendorong belanja konsumen serta pinjaman perusahan.

” Pemerintah mengukur stimulus yang telah di implementasikan tahun lalu telah di atur untuk menstabilkan pertumbuhan dan meletakan pondasi yang solid untuk expansi tahun ini “ ungkap Dariusz Kowalczyk dari Credit Agricole CIB.

Angka ini di keluarkan pada jum’at ” yang terbaik yang kita harapkan “, Dia menambahkan.

Menggaris bawahi optimisme ini tokoh-tokoh lain pun merilis pada hari jum’at yang mana menunjukan peningkatan harga rumah dan penjualan retail.

Pasar saham asia naik lebih tinggi dari yang di beritakan, sementara dollar australia naik  yang merupakan exportir utama ke china yang menjual mineral yang di gunakan untuk membantu perluasan kekuasaan ekonomi.

Hang Seng index saham Hongkong di perdagangkan 0,7 persen lebih tinggi Kospi Korea selatan naik 0,5 persen dan saham utama Australia naik 0,3 persen.

Nikkei 255, jepang adalah pemenang terbesar, dengan menambahkan 2,1 persen dan mendapatkan tambahan angka sebagai penurunan nilai yen yang membantu exportir.

 

Source by www.bbc.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close