Universitas Azzahra Inisiasi Lahirnya PSAK Baru

PSAK-Azzahra

Percepatan pertumbuhan industri keuangan syariah harus diimbangi dengan infrastruktur yang memadai. Tidak terkecuali persoalan regulasi, teknologi, SDI (sumber daya insani), serta tata aturan lain yang dibutuhkan oleh industri.

Termasuk diantaranya adalah persoalan PSAK (Pedoman Standar Akuntansi) yang harus dipersiapkan untuk mendukung perkembangan industri keuangan syariah. “Operasional keuangan syariah jelas berbeda dengan keuangan konvensional, sehingga harus dibuatkan PSAK tersendiri,” ujar Taufan Maulamin, Direktur Pascasarjana Universitas Azzahra. “Sebelumnya sudah ada beberapa PSAK keuangan syariah yang diterbitkan, tapi belum mencakup semua, terutama munculnya produk-produk baru,” tambahnya.

Lebih lanjut Taufan menjelaskan bahwa banyak produk-produk syariah yang belum dibuatkan PSAK-nya. Sehingga hal ini dapat menghambat laju pertumbuhan keuangan syariah tersebut. Kalaupun produk-produk tersebut sudah dijalankan namun belum berjalan sebagaimana mestinya dalam konsepsi serta prinsip syariah. Diantaranya adalah produk yang berbasiskan akad Musyarakah mutanaqishah, Ijarah muntahiya bi tamlik, Kafalah, Hiwalah, Rahn, komoditi syariah dan Ijarah mausufah fiz-zimmah.

Untuk mendorong munculnya PSAK baru, Universitas Azzahra menginisiasi lahirnya PSAK yang mendesak untuk segera di susun. “Kami mencoba membantu industri keuangan syariah untuk menyiapkan terbitnya PSAK tersebut. Ini merupakan dukungan dari para akademisi dan akuntan untuk percepatan pertumbuhan industri keuangan syariah,” kata Taufan yang menjabat sebagai Pjs. Ketua Umum AAKSI.

Melalui Universitas Azzahra bekerjasama dengan Asosiasi Akuntansi Syariah Indonesia (AAKSI), Taufan Maulamin menghimpun para pakar dalam Focus Group Discussion (FGD) membahas permasalahan terkini dalam akuntansi syariah yang mengusung tema “Implikasi Akuntansi Dari Akad Syariah Kontemporer”. Hadir dalam acara tersebut 20 orang akademisi dan akuntan di Indonesia. Diantara pakar yang hadir Prof. Dr. Sugeng Tedjo, SE., Ak (UNAIR), Wiroso, SE., Ak., MBA (Universitas Trisakti), Agustianto, MA (IAEI), M. Iman Sastra Mihajat, Ph.D, Ibu Wasilah, SE., Ak., M.Si (UI), Ade Wirman (Univ. Islam Al-Azhar), Slamet Wiyono, SE., Ak., MBA (Univ Trisakti), Dr. Lalu A. Fatah (Universitas Azzahra), Dadang Romansyah, SE., Ak., MM (SEBI) dan Bambang W (STAINU).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close