WORKSHOP CHARITY “Cara Melepaskan Stress Dengan metode STRESS (Stress Releasing Stimulation System)”

work-stress-2

Bagi kalian yang punya masalah dengan stress, kami punya solusinya. Universitas Azzahra bekerja sama dengan Rumah disabilitas Mandiri (RUDIMA), ingin mengadakan Workshop Charity dengan tema “Cara Melepaskan Stress dengan Metode STRESS” yang terbuka bagi umum. Workshop yang nanti hasilnya akan disumbangkan untuk Rumah Disabilitas Mandiri (RUDIMA) ini, tidak dipungut bayaran, hanya donasi seikhlasnya.

Dan Workshop ini akan diadakan pada :

Hari      : Sabtu, 21 September 2013

Waktu   : Jam 09.00 – 12.00

Tema    : Tehnik STRES (Stress Releasing  Stimulation System)

Tempat : Universitas Azzahra Cabang Fatmawati

Alamat  : Jl. Fatmawati Raya, Gedung Graha Mas Fatmawati Commercial Center Blok B5-6, Jakarta Selatan (samping ITC Fatmawati)

Syarat   : Mengisi Formulir Pendaftaran dan berpakaian santai,tidak berbahan kaku tapi tetap sopan

Trainer : Bpk. Ari Winarman

Info dan Pendaftaran :

Saeful Bahri : 0816 1782 2201

Samianto : 081218188975

Samsuri : 08568434380

Donasi bisa dikirimkan melalu Bank Mega Syariah Account Number 100 000 6830 atas nama Yayasan Lentera Azzahra, atau bisa datang langsung dan menyerahkan ke sekretariat di Fatmawati. Pendaftaran paling lambat hari Kamis, 19 September 2013.

Workshop ini bertujuan untuk melepaskan stress dimana stress adalah merupakan kondisi alami yang sering kita alami. Stress adalah respon normal terhadap berbagai keadaan yang harus dihadapi dalam hidup, situasi yang mengharuskan kita bertindak, menyesuaikan, serta menjaga segala sesuatu tetap seimbang. Stress merupakan reaksi fisik dan psikologi yang normal terhadap banyak ‘tuntutan’ dan tekanan hidup yang selalu berubah dan tidak pernah berakhir. Karena stress merupakan reaksi yang normal, maka setiap orang pasti akan mengalaminya, baik itu orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Ketika otak menghadapi sebuah situasi (tekanan, keadaan, tuntutan, atau apapun istilah yang anda gunakan), maka otak akan memberikan tanda kepada tubuh agar melepaskan banyak hormon, untuk memberikan tenaga atau energi kepada tubuh untuk bertindak menghadapi situasi tersebut. Ketika situasi tersebut telah berlalu, maka tubuh akan kembali pada kondisi rileks.

Pelepasan hormon sebagai ‘tenaga ekstra’ merupakan reaksi yang normal dan sangat berguna, terlebih jika berhubungan dengan fisik. Keadaan tersebut bisa memotivasi, meningkatkan kinerja dan kemampuan fisik seseorang, bahkan dapat menyelamatkan nyawa saat menghadapi situasi yang berbahaya. Namun di masa sekarang yang begitu kompleks, tekanan yang datang juga banyak yang berupa psikologis seperti tekanan pekerjaan, masalah sosial, keluarga, keuangan, dan lain sebagainya. Keadaan stress yang bertubi-tubi secara psikologis dapat membuat tubuh kelelahan secara psikis dan menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir jernih, serta bisa berdampak pada banyak hal lainnya sepert, interaksi sosial, kualitas hidup, kesehatan, insomnia dll).

Oleh karena itu mengelola dan menangani stres (stress management) adalah hal yang sangat penting, agar tubuh dapat selalu memberikan respon yang terbaik pada banyak situasi, baik itu fisik maupun psikis. Stress yang berlebihan dan tidak ditangani dengan baik bisa mengarah pada berbagai dampak buruk pada kehidupan seseorang, termasuk juga buruk bagi kesehatan.

Banyak cara dalam menangani stress ataupun trauma, hanya sering sekali cara-cara yang ada masih menggunakan metode berpikir, yang sering sekali sulit melakukanya. Karena stress sering sekali justru timbul dari cara berpikir yang salah. Hypnotherapy dan berbagai metode pikiran, sering sekali sulit dilakukan terutama untuk diri sendiri saat terapisnya sendiri merasa stress

Untuk itulah kini dikembangkan metode baru teknik pelepasan stress mengacu dari gerakan “tremor” atau getaran otot yang sering dilakukan tubuh,  kini  telah dikembangkan 8 teknik gerakan yang bisa memicu otot-otot tubuh untuk melepaskan stress yang  masih tersimpan dalam tubuh tanpa harus mengubah cara berpikir kita secara sengaja.

Pernahkah anda merasakan kedutan dibagian mata atau bagian tubuh yang bergetar sendiri, itu sebenarnya bagian dari pelepasan stress tubuh secara alami. Hanya sering kita yang tidak mengetahuinya, menahan gerakan tersebut dan hasilnya stress tidak pernah lepas dari tubuh kita, dan tubuh tetap dalam posisi stress walaupun kondisi sudah santai. Padahal stress ataupun trauma seringkali menghasilkan kimia tubuh yang menggangu kerja organ-organ tubuh secara maksimal, oleh karena itu penting sekali untuk melepaskanya.

Tehnik metode STRESS (Stress Releasing Stimulation System)  adalah sebuah terobosan dalam manajemen stress dan pemulihan trauma. Ini adalah proses yang berpusat tubuh yang melepaskan ketegangan kronis yang mendalam diciptakan selama peristiwa traumatik atau stress.  Tehnik ini menstimulasi tremor alami dengan cara yang terkontrol dan berkelanjutan untuk melepaskan ketegangan otot yang timbul karena stress atau trauma guna membawa kembali tubuh pada kondisi tubuh yang lebih tenang, santai dan seimbang.

Tehnik ini telah dikembangkan di lebih dari 25 negara di dunia dan tehnik yang awalnya hanya 7 (tujuh) gerakan ini, kini dikembangkan menjadi 8 (delapan) dan hasilnya ternyata lebih efektif dan lebih berhasil.

Dalam workshop yang kurang lebih memakan waktu 3 jam ini peserta akan diajarkan 3 hal yaitu,

  1. Pemahaman akan stress dan metode STRESS secara neuroscience
  2. Tehnik 8 gerakan
  3. Melakukan  prosess pelepasan secara alami

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari orang-orang yang sudah ikut, agar dengan pikiran yang baik mampu meningkatkan kinerja yang baik pula, sesuai dengan motto kesehatan “Mens Sana In Corpore Sano” yang artinya didalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yang kuat, kalau pikiran kita sehat dan jauh dari stress, maka secara otomatis tubuh kita pun sehat dan dengan tubuh yang sehat maka kinerja kerja kita pun jadi meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Azzahra News lainnya :close